Senin, 11 Januari 2016

Ujian Masuk PKPA FH UII

Hai, selamat malam

Menyambung postingan sebelumnya yang membahas resolusi. Salah satu hal yang ingin aku capai tahun ini mulai ku tapaki selangkah demi selangkah. Untuk bisa menuju hal tersebut adalah salah satu step yang mengharuskan mengikuti suatu kursus khusus. Namanya PKPA (Pendidikan Khusus Profesi Advokad), mumpung masih kursus nanti jika sudah di jadikan S2 akan sangat malas menempuhnya. Akan ada lagi profesi yang harus S2, Oh Tidak!

Kali ini yang akan di selenggarakan adalah angkatan XXXII bacanya Tiga Puluh Dua. Pendaftarannya sudah open dari bulan Desember 2015, dan aku mendaftar entah tanggal berapa itu di temani seorang teman yang niatnya akan bersama kursus tapi kenyataannya Allah keburu ngasih Rejeki pekerjaan yang baik pada teman itu. Sehingga oleh karena itu, aku sendirian menapaki kursus tersebut.

Nah, pada tanggal 8 Januari 2016 sore sekitar Ashar hampir Magrib datanglah sms dari nomor tidak di kenal yang isinya meminta datang ke kampus FH UII jam 8am pada 9 Januari 2016 untuk mengikuti tes awal PKPA. Menurut teman dan kakak angkatan yang sudah pernah mengikuti kursus ini, tes awal hanya uji kopetensi yang tidak memiliki sifat menggugurkan. Akan tetapi lain halnya dengan yang disampaikan oleh presenter dari ujian awal tersebut, diinformasikan bahwa karna jumlah peminat atau animo pendaftar sangat banyak mencapai 145 jiwa, maka para petinggi harus rapat dulu untuk memutuskan akan di terima semua atau ada yang di gugurkan.

Karna ada ujian masuk, terbesitlah niat untuk belajar. Ku keluarkan sebuah buku yang berjudul Pengantar Hukum Acara Perdata dari rak buku berwana kuning itu, penulisnya Sudikno. Lalu kemudian ku buka dan ku mulai bertanya "mau belajar apa?". Buka internet berharap ada yang malukan review atau bercerita kembali soal pengalaman tes awal PKPA, hasilnya none, tidak ada.

Ku niatkan dalam hati baca dikit ajalah, siapa tahu keluar. Belum sempat ku mengerti atau setidaknya hafal, pagi tiba, ternyata tertidur. Baiklah tak apa, ku bangun pagi melakukan kewajibanku mandi dan berdandan cantik. Berangkatlah aku ke kampus.

Ketemu mas ini, mas itu, mas yang itu dan itu, masuk ruangan dengan tempat duduk nomor 88. Setelah di persilahkan ku kerjakanlah soal itu, kisi-kisinya :

1. Hukum Acara Perdata
2. Hukum Acara Pidana
3. Hukum Acara Perdata bidang Hubungan Industrial
4. Hukum Acara Perdata bidang Agama, mulai cerai sampai niaga
5. Hukum Acara PTUN

Sisanya lupa, kalo sub subnya mungkin agak banyak, jumlahnya 100 soal untuk 100 menit, mendekati soal Profesi Advokad yang sebenarnya dengan sedikit di rampingkan. Hasil di umumkan tanggal 11 Januari 2016, dan Alhamdulillah lolos.

Untuk update kapan open lagi bisa klik PKPA FH UII
Bentukanya Blogspot tapi percayalah web itu resmi milik PKPA FH UII.

Tugasnya sekarang melengkapi biaya administrasi, dan mulai kuliah tanggal 25 Januari 2016. Yang menjadi problem adalah dimana tempat magannya, mengingat ada aturan baru dalam hal permagangan untuk profesi ini.

Si ibuk sudah coba ngomong sama tetangga yang pengacara yang kebetulan juga alumni FH UII, tapi sayang beliau tidak berhasil karena tetangga bilang di kantornya sudah cukup orang dan tidak membutuhkan karyawan magang.

Tak apa, jalan rejeki ku mungkin di pintu yang lain.
Jalanin dulu aja kalo cocok lanjutin, mumpung masih muda.

Salam,
Ai

0 komentar:

Posting Komentar